#Fast Respon SMS: 085 75 35 99000 #Selamat Datang di Website Lukisan Terbesar di Indonesia #Fast Respon SMS: 085 75 35 99000
News

Makna dan arti senyum lukisan monalisa

25 November 2011

Senyuman misteri yang ditunjukkan Monalisa dalam lukisan potret terkenal karya Leonardo da Vinci akhirnya terungkap. Para akademisi Jerman merasa yakin mereka telah berhasil memecahkan misteri yang telah berlangsung beberapa abad di balik identitas gadis cantik yang menjadi obyek lukisan terkenal itu.

Lisa Gherardini, istri seorang pengusaha kaya Florence, Francesco del Giocondo, telah lama dipandang sebagai model yang paling mungkin bagi lukisan abad 16 tersebut. Namun demikian, para sejarawan seni sering bertanya-tanya apakah mungkin wanita yang tersenyum itu sebetulnya kekasih da Vinci, ibunya atau artis itu sendiri.

Kini para pakar di perpustakaan Universitas Heidelberg menyatakan berdasarkan catatan yang ditulis pemiliknya dalam sebuah buku pada Oktober 1503 diperoleh kepastian untuk selamanya bahwa Lisa del Giocondo-lah model yang sesungguhnya dalam lukisan itu, yang merupakan salah satu lukisan potret terkenal di dunia. “Semua keraguan tentang identitas Monalisa telah pupus menyusul penemuan oleh Dr. Armin Schlechter,” seorang pakar naskah kuno, kata perpustakaan itu dalam pernyataannya.

Hingga kini, hanya diperoleh ”bukti kurang meyakinkan” dari berbagai dokumen abad 16. “Hal ini menciptakan ruang bagi berbagai interpretasi dan ada banyak identitas berbeda dikemukakan,” kata perpustakaan itu. Catatan itu dibuat oleh Agostino Vespucci, seorang pejabat Florence dan sahabat da Vinci, dalam koleksi surat tulisan orator Romawi, Cicero. Tulisan dalam catatan itu membandingkan Leonardo dengan artis Yunani kuno Apelles dan menyatakan ia sedang menggarap tiga lukisan, salah satunya adalah potret Lisa del Giocondo.

Para pakar seni, yang sudah mengaitkan tahun pembuatan lukisan itu pada jaman abad pertengahan itu, menyatakan penemuan Heidelberg itu merupakan terobosan dan penyebutan sebelumnya menghubungkan istri saudagar itu dengan lukisan potret tersebut. “Tak ada alasan untuk terus meragukan bahwa potret ini adalah wanita yang lain,” kata sejarahwan seni Universitas Leipzig, Frank Zoelner, kepada Radio Jerman.



Baca juga
  » 20 September 2014
Sejarah Lukisan Bali
Sebelum tahun 1920-an, lukisan tradisional Bali dibatasi untuk apa yang sekarang dikenal sebagai gaya Kamasan atau Wayang. Ini adalah sebuah narasi visual epik Hindu-Jawa: Ramayana dan Mahabharata, serta sejumlah cerita adat, seperti narasi Panji. Maskapai gambar dua dimensi secara tradisional ditarik pada kain atau kertas kulit (kertas Ulantaga) dengan pewarna alami. Pewarnaan ini terbatas tersedia pewarna alami: merah, oker, hitam, dll Selain itu, render angka dan ornamen harus mengikuti aturan ketat yang ditentukan, karena mereka sebagian besar diproduksi untuk artikel agama dan hiasan candi. Lukisan-lukisan ini diproduksi secara kolaboratif, dan karena itu sebagian besar anonim. Untuk keterangan lebih lengkap tentang gaya lukisan Kamasan lihat: The Realm of Form Seni Klasik Bali

  » 20 September 2014
Lukisan Bali
Seni Bali adalah seni asal Hindu-Jawa yang tumbuh dari karya pengrajin dari Kerajaan Majapahit, dengan ekspansi mereka ke Bali pada akhir abad ke-13. Dari keenam belas sampai abad kedua puluh, Desa Kamasan, Klungkung (Bali Timur), adalah pusat dari seni klasik Bali.

  » 19 September 2014
Lukisan Modern
Seni modern termasuk karya seni yang dihasilkan selama periode umumnya terjadi dari tahun 1860-an hingga 1970-an, dan menunjukkan gaya dan filosofi seni yang dihasilkan selama istilah era.The biasanya berhubungan dengan seni di mana tradisi masa lalu telah disisihkan dalam semangat eksperimentasi. Seniman modern bereksperimen dengan cara-cara baru melihat dan dengan ide-ide segar tentang sifat bahan dan fungsi seni. Kecenderungan jauh dari cerita, yang karakteristik untuk seni tradisional, menuju abstraksi merupakan karakteristik dari banyak seni modern. Lebih produksi artistik baru-baru ini sering disebut seni kontemporer atau seni postmodern.

  » 14 September 2014
Sejarah Lukisan Abstrak Ekspres
Selama periode menjelang dan selama Perang Dunia II seniman modernis, penulis, dan penyair, serta kolektor penting dan dealer, melarikan diri Eropa dan serangan Nazi untuk safe haven di Amerika Serikat. Banyak dari mereka yang tidak lari tewas.

  » 14 September 2014
Pengertian Lukisan Abstrak Ekspres
Ekspresionisme abstrak adalah-Dunia pasca gerakan seni Perang II dalam lukisan Amerika, yang dikembangkan di New York di 1940s.It adalah gerakan khusus Amerika pertama untuk mencapai pengaruh internasional dan menempatkan New York City di pusat dunia seni barat, peran sebelumnya diisi oleh Paris. Meskipun istilah "ekspresionisme abstrak" pertama kali diterapkan pada seni Amerika pada tahun 1946 oleh kritikus seni Robert Coates, itu telah pertama kali digunakan di Jerman pada tahun 1919 di majalah Der Sturm, mengenai Ekspresionisme Jerman. Di Amerika Serikat, Alfred Barr adalah orang pertama yang menggunakan istilah ini pada tahun 1929 sehubungan dengan karya-karya Wassily Kandinsky.