Selamat Datang di Website Lukisan Terbesar di Indonesia #Lebih dari 1000 Motif Unik yang bisa anda miliki.
News

Makna dan arti senyum lukisan monalisa

25 November 2011

Senyuman misteri yang ditunjukkan Monalisa dalam lukisan potret terkenal karya Leonardo da Vinci akhirnya terungkap. Para akademisi Jerman merasa yakin mereka telah berhasil memecahkan misteri yang telah berlangsung beberapa abad di balik identitas gadis cantik yang menjadi obyek lukisan terkenal itu.

Lisa Gherardini, istri seorang pengusaha kaya Florence, Francesco del Giocondo, telah lama dipandang sebagai model yang paling mungkin bagi lukisan abad 16 tersebut. Namun demikian, para sejarawan seni sering bertanya-tanya apakah mungkin wanita yang tersenyum itu sebetulnya kekasih da Vinci, ibunya atau artis itu sendiri.

Kini para pakar di perpustakaan Universitas Heidelberg menyatakan berdasarkan catatan yang ditulis pemiliknya dalam sebuah buku pada Oktober 1503 diperoleh kepastian untuk selamanya bahwa Lisa del Giocondo-lah model yang sesungguhnya dalam lukisan itu, yang merupakan salah satu lukisan potret terkenal di dunia. “Semua keraguan tentang identitas Monalisa telah pupus menyusul penemuan oleh Dr. Armin Schlechter,” seorang pakar naskah kuno, kata perpustakaan itu dalam pernyataannya.

Hingga kini, hanya diperoleh ”bukti kurang meyakinkan” dari berbagai dokumen abad 16. “Hal ini menciptakan ruang bagi berbagai interpretasi dan ada banyak identitas berbeda dikemukakan,” kata perpustakaan itu. Catatan itu dibuat oleh Agostino Vespucci, seorang pejabat Florence dan sahabat da Vinci, dalam koleksi surat tulisan orator Romawi, Cicero. Tulisan dalam catatan itu membandingkan Leonardo dengan artis Yunani kuno Apelles dan menyatakan ia sedang menggarap tiga lukisan, salah satunya adalah potret Lisa del Giocondo.

Para pakar seni, yang sudah mengaitkan tahun pembuatan lukisan itu pada jaman abad pertengahan itu, menyatakan penemuan Heidelberg itu merupakan terobosan dan penyebutan sebelumnya menghubungkan istri saudagar itu dengan lukisan potret tersebut. “Tak ada alasan untuk terus meragukan bahwa potret ini adalah wanita yang lain,” kata sejarahwan seni Universitas Leipzig, Frank Zoelner, kepada Radio Jerman.



Baca juga
  » 21 Agustus 2014
Lukisan Dekoratif
Sebuah stiker dinding, juga dikenal sebagai stiker dinding, stiker vinyl yang tetap ke dinding atau permukaan halus lainnya untuk dekorasi. Pengguna dapat mengupas dukungan, yang sebenarnya merupakan perekat yang akan mematuhi dinding dengan mudah. Banyak decals dinding ini dilepas dan bisa dicuci dengan tangan juga. Apa awalnya dimulai sebagai seni dekorati

  » 21 Agustus 2014
Lukisan Kasvas: Pop Art
Lukisan seni kanvas menciptakan efek dramatis dalam dekorasi rumah Anda sebagai seni dinding. Wall art adalah tren terbaru di dekorasi rumah dan salah satu cara yang paling populer dari dekorasi dinding tandus atau dinding pucat adalah dengan menggantung lukisan kanvas dirancang dengan baik. Tidak hanya Anda menampilkan bakat seni Anda sendiri, Anda juga dapat membawa ruang hidup Anda untuk hidup menggunakan lukisan-lukisan ini.

  » 21 Agustus 2014
Lukisan minyak di dekorasi rumah
Cat minyak adalah jenis cat yang minyak alami seperti biji rami, kenari, atau poppy digunakan sebagai media untuk mengikat pigmen. Cat minyak kering perlahan-lahan, sehingga waktu seniman untuk mengolah dan paduan warna. Hal ini pada dasarnya sebuah lukisan yang dilakukan dalam cat minyak.

  » 20 Agustus 2014
KARAKTER SEBUAH LUKISAN
Bermula dari kebutuhan kreatif maka seniman itu bekerja . Kebutuhan kreatif ini bias disebut konstan, artinya besar kebutuhan itu secara relative adalah tetap. Datangnya berulang setiap saat, lalu hilang kembali setelah tersalur. Dan akan datang lagi sebagaimana sebelumnya.

  » 20 Agustus 2014
INDUSTRIALISASI KARYA SENI LUKIS : DARI PERSEFEKTIF BISNIS ANTARA PELUANG DAN TANTANGAN INDUSTRI
Terjadi pergeseran yang mengakibatkan munculnya totalitas social baru dengan berbagai pengorbanan dan prinsip-prinsip komodifikasi yang berlebihan dapat menyebabkna kaburnya kultur dengan menampilkan karya-karya yang bersifat tiruan. Setiap komoditas mempunyai nilai ganda. Disatu pihak mempunyai nilai pakai (use value) dan dilain pihak mempunyai nilai tukar(exchange) yang memiliki keterkaitan terhadap tenaga kerja yang terlibat dalam suatu produksi komoditas. Setiap obyek terlepas apakah obyek tersebut komoditas atau bukan bisa memiliki nilai kalau tenaga manusia dikembangkan untuk memproduksinya, dan inilah yang disebut proses dalam teori tenaga kerja.